Senin, 19 Januari 2015

Makalah Peluang Bisnis Saat Ini



BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Bisnis adalah sebuah organisasi dengan tujuan menjual barang dan jasa kepada pembeli atau usaha lainnya dengan tujuan mendapatkan lapa keuntungan. Bisnis berasal dari kata business yang dalam bahasa Indonesia berarti sibuk. Dengan kata lain bisnis juga dapat diartikan dengan seseorang ataupun banyak orang yang mengerjakan sebuah pekerjaan atau kesibukan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam menjalankan suatu bisnis kita harus pintar dalam melihat adanya sebuah peluang. Peluang merupakan langkah awal seseorang yang ingin menekuni dunia bisnis. Untuk menangkap peluang usaha perlu kerja keras dan pengorbanan. Tanpa kerja keras dan keberanian mengambil resiko maka peluang itu hanya akan sebagai peluang yang terlewatkan tanpa memberikan hasil apa pun.

2.      Tujuan Penulisan
-          Mengetahui arti dari peluang usaha
-          Mengetahui cara melihat peluang usaha
-          Mengetahui cara memanfaatkan peluang usaha



BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Peluang Usaha
Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan peluang, mengapa untuk dapat menjadi seorang wirausaha sukses seseorang harus menemukan sebuah peluang ? dan apakah sulit untuk dapat menemukan peluang ? Peluang sendiri sebenarnya berasal dari sebuah ide, inspirasi atau kesempatan yang muncul untuk dimanfaatkan bagi kepentinggan seseorang baik dalam kehidupan sehari-hari dalam bisnis. Dalam bahasa inggris “opportunity” berarti sebuah atau beberapa kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian. Jadi asal dari peluang itu adalah kesempatan yang terjadi dan berkembang menjadi ide bagi seseorang.
Bila asal peluang adalah sebuah kesempatan yang terjadi, maka dari mana sumber peluang peluang itu ? Adapun sumber peluang atau kesempatan itu berasal dari :
2.1.1        Dalam diri anda
Peluang yang paling potensial dan sangat besar resiko kesuksesannya bersumber dari dalam diri sendiri karena beberapa alasan berikut ini :
a.       Bisnis itu membutuhkan proses yang panjang dan bahkan bisa seumur hidup sehingga harus membuat anda bahagia dan sukses
b.      Bisnis itu membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi sehingga kunci kesuksesannya adalah Anda mencintai pekerjaan atau bisnis tersebut
c.       Kesuseksan bisnis merupakan akumulasi dari kesuksesan dalam menaklukkan kegagalan demi kegagalan sehingga semuanya dapat terwujud. Oleh sebab itu, jika anda terampil, kompeten dan cekatan dalam menjalankan bisnis anda serta memiliki pengetahuan yang cukup, maka bisnis anda akan meraih kesuksesan dengan cepat.
Beberapa sumber peluang yang muncul dari diri anda seperti :
a.       Hobi Anda
b.      Keahlian Anda
c.       Peluang dari Pengetahuan dan Latar Belakang Pendidikan

2.1.2        Lingkungan
Banyak peluang dan inspirasi yang timbul justru dari lingkungan kita, misalnya :
a.       Usaha orang tua anda, dalam diskusi setiap harinya orang tua anda sering menceritakan kesulitan-kesulitan bisnisnya. Hal itu bisa mendatangkan inspirasi bisnis bila anda menggabungkannya dengan latar belakang pendidikan, hobi,, pengetahuan dan keahlian anda.
b.      Lingkungan rumah anda, seperti pergaulan, tetangga, teman main, dan lain-lain
c.       Kebiasaan adna dalam rangka menuju kekampus, perjalanan, lingkungan sekolah, teman sekolah dan lain-lain.

2.1.3        Perubahan yang terjadi
Peluang besar yang sering muncul menjadi sebuah bisnis adalah perubahan yang terjadi di lingkungan anda

2.1.4        Konsumen
Suara Konsumen itu penting karna sering menciptakan gagasan baru dalam memperbaiki produk yang ada dan peluang bagi yang akan mendirikan usaha baru

2.1.5        Gagasan orang lain
Seperti halnya suara dari konsumen, gagasan dari orang lain dapat memberi ide yang membuka peluang bagi anda dalam membuat suatu bisnis.

2.1.6        Informasi yang diperoleh
Dalam perjumpaan dengan orang lain terkadang kita mendapatkan informasi baru. Bagi orang yang mendengarnya, informasi baru itu bisa berguna sebagai peluang bisnis karena informasi tersebut memiliki hubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dia miliki.

2.2  Analisa Peluang Sebelum Dijadikan Bisnis
Untuk dapat mengubah peluang yang mampu anda lihat menjadi sebuah peluang emas, anda harus menganalisis peluang tersebut. Sejauh mana tingkat keberhasilkan dan gagasannya dipasar sangat tergantung pada penggabungan empat hal, yaitu persaingan, pesaing, perubahan arah persaingan dan kebutuhan pelanggan.
Jadi Anda jangan hanya merasa cukup bila peluang itu bersumber dari sebuah ide bisnis yang diperoleh dari sebuah inspirasi. Hal ini baru merupakan proses awal saja atau dapat disebut sebagai peluang yang masih mentah. Oleh karena itu Anda harus mengatahui ciri dari peluang yang memiliki potensi untuk di kategorikan sebagai peluang bisnis yang baik dan masuk akal.
2.2.1        Ciri bisnis yang potensial adalah :
a.       Bisnis yang dibangun adalah bisnis yang potensial atau memiliki nilai jual yang tinggi
b.      Tidak menjadikan bisnis itu hanya sebagai ambisi pribadi semata tetapi sifatnya nyata
c.       Bisnis itu mempunyai waktu bertahan yang lama dipasar
d.      Tidak menghabiskan modal karena investasi yang terlalu besar
e.       Tidak bersifat momentum (kejadiaan sesaat) atau bersifat musiman
f.       Bisa ditingkatkan skalanya menjadi skala industry

Karena sebab itu, bila Anda ingin memiliki bisnis yang potensial, kita perlu mengetahui ciri-ciri sebuah peluang yang mendasari sebuah Bisnis yang baik untuk Anda, ciri-ciri peluang bisnis yang baik adalah:
a.       Peluang itu orisinil dan bukan tiruan, bisnis yang sukses itu bukan hanya meniru bisnis orang lain.
b.      Peluang itu harus bisa mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar dimasa yang akan dating. Dalam arti peluang itu harus dapat ditingkatkan nilai jualnya serta bisa terus diinovasi.
c.       Benar-benar sesuai dengan “minat” anda atau “link” dengan pengetahuan, keahlian dan sifat anda agar peluang itu dapat bertahan lebih lama
d.      Tingkat visibilitas (kelayakan usaha) benar-benar teruji, untuk itu perlu dilakukan penelitian dan uji coba dipasar.
e.       Bersifat ide yang kreatif dan inovatif bukan tiruan dari ide orang lain

2.2.2        Faktor-faktor keberhasilan peluang usaha untuk menjadi keberhasilan susah
Tahapan ini merupakan sebuah tahapan penting dalam mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan sebuah peluang usaha agar bisnis anda berhasil. Faktor-faktor keberhasilan sebuah peluang usaha adalah :
a.       Peluang itu memenuhi ciri-ciri peluang bisnis anda yang baik
b.      Berawal dari uji test pasar dan uji coba seperti :
·         Seberapa besar tingkat kebutuhan produk anda dipasar. Apakah tinggi atau rendah
·         Seberapa besar tingkat kontinuitas kebuthan akan produk tersebut
·         Mengetahui alasan, mengapa orang enggan membeli, memakai dan menggunakan produk anda
c.       Mengikuti dan memenuhi kebutuhan konsumen
d.      Mengikuti trend (kecenderungan) perubahan pasar
e.       Bisa terus menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya
f.       Resiko kegagalannya tidak besar saat pertama kali dimulai. Dalam arti tingkat visibilitasnya telah diperhitungkan dengan waktu saat diluncurkan di pasar.
g.      Merupakan alternative terbaik dari peluang-peluang yang ada

2.2.3        Faktor kegagalan sebuah peluang usaha yang gagal dijadikan bisnis
Banyak inspirasi yang bagus dan brilian, namun terkadang inspirasi tersebut gagal dijadikan sebuah bisnis atau gagal saat diluncurkan untuk menjadi produk atau jasa yang ingin ditawarkan kepada calon pelanggan. Untuk itu perlu diketahui faktor-faktor kegagala peluang usaha agar bisa meminimalisir resiko usaha. Faktor-faktor itu adalah:
a.       Kebutuhan pasarnya tidak bersifat monoton dan musiman sehingga tidak hanya bersifat jangka pendek
b.      Peluang itu sudah “kadaluarsa” atau telah banyak ada orang yang memulai bisnis tersebut
c.       Tidak segera mengambil keputusan untuk memulainya sehingga peluang itu lewat begitu saja
d.      Mudah ditiru atau dibuat oleh orang lain
e.       Daya beli rendah

2.2.4        Memberdayakan dan Mengembangkan Peluang Anda
Setelah anda melakukan survey, riset, uji coba pasar maka peluang anda harus diberdayakan menjadi peluang emas. Caranya sebagai berikut :
a.       ATMI : Amati – Tiru – Modifikasi dan Improvisasi. Setelah anda melakukan survey dan riset, maka salah satu jalan untuk memberdayakan peluang anda adalah strategi ini.
b.      Make it better. Membuat oeluang anda di pasasr menjadi lebih baik lagi setelah survey pasar.
c.       Make it one. Menjadikannya sebagai yang pertama. Peluang yang baik adalah peluang bisnis yang pertama kali anda lakukan sebelum orang lain melakukannya.
d.      Make your product be a specialist. Produk anda adalah produk yang khusus dan anda menjadi spesialisnya.
e.       Clonner. Meniru habis tetapi menggunakan merek yang berbeda. Cara ini sering dilakukan oleh orang lain, tetapi harus berhati-hati mengingat ada unsur hak paten. Jadi apabila anda ingin melakukan cloner, jiplaklah fungsi dan tujuan penggunaan produknya, bukan merek, bentuk dan kemasannya.
f.       Subtitute. Menjadi produk pengganti. Cara ini juga efektif bila anda memulai bisnis dimana pasar sudah cukup besar dengan menjadi produk pengganti dari produk pesaing yang paling besar atau yang menengah



BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Banyak orang yang ingin memulai bisnis, bahkan ada yang sudah memutuskan bisnis apa yang akan dibangunnya, akan tetapi ketika peluang itu telah ada didepan mata peluang itu hanya dilihat, dipikirkan, diutak atik, dihitung dan terus dipelajari sementara orang lain sudah berlari kencang mendahuluinya.
Peluang pun gagal untuk didapatkan. Untuk itulah selain anda harus memiliki konsep yang matang juga harus memiliki keberanian untuk segera memulai, sehingga anda dapat menjalankan usaha dengan perhitungan baik dengan kegesitan yang tinggi pula. Untuk menjadi itu semua anda harus menjadi seorang smart entrepreneur yang terasah, sehingga anda memiliki intuisi yang tajam untuk memanfaatkan semua peluang yang dapat anda temukan.

3.2  Saran
Hal yang perlu diingat, peluang seperti sebuah benih yang membutuhkan air, tanah, cuaca dan lingkungan yang baik untuk tumbuh. Anda membutuhkan strategi dan taktik untuk membuat biji itu tetap tumbuh dengan baik. Begitu juga dengan bisnis, anda membutuhkan kesabaran, konsistensi dan komitmen dalam menjalankan bisnis. Jika anda mampu melihat peluang, menganalisisnya serta mengembangkan peluang anda maka peluang tersebut akan menjadi peluang emas yang memberi dampak positif pada bisnis anda.



DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar